KARYA

Beberapa karya saya yang tercatat :


AMANAH SAMPAI AKHIR
Biografi 60 Tahun Harry Azhar Azis Ketua BPK RI. Penerbit Sang Gerilya Indonesia, Cet.1 dan 2, 2016










TAN : Sebuah Novel
Novel berbasiskan citra Tan Malaka. Dikembangkan dari Memoar Alang-alang. Penerbit Javanica, 2016







Novel saya yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris. Berkisah tentang Badaruddin, pemuda Minangkabau, dan Enrico, jejaka muda dari Maubere. Mereka pergi sekolah, hidup bahagia bersama orang tua dan jatuh cinta. Sayangnya, siasat Purwanto membuat hidup Badaruddin kalang-kabut. Ketika perang merengut Mama, Enrico pun angkat senjata. Mereka melawan kepedihan yang ditakdirkan sekuat tenaga, sampai akhirnya menemuka musuhnya pada Tragedi Tanjung Priok. Keduanya siap membalas dendam, meskipun nyawa menjadi taruhannya.





Bagaimana jika tentara linglung dan pemberontak bengis terjebak dalam hutan yang mengerikan? Apa yang terjadi jika kunci republik, simbol presiden Indonesia, jatuh ke tangan politisi lick? Dapatkan perampok makam yang miskin menipu hantu yang meneror? Apa yang terjadi jika seorang pembunuh, pemerkosa dan perampok bertemu makhluk yang jauh lebih mengerikan darinya? Apa yang dilakukan seorang jaksa jika abangnya didakwa korupsi? Dan beberapa kisah lainnya dalam antologi cerpen saya yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris ini.





Novel ini menjadi satu dari empat novel unggulan dalam Sayembara Novel Dewan Kesenian Jakarta 2010. Dalam laporan pertanggungjawabannya, para juri - Anton Kurnia, A.S. Laksana, dan Sapardi Djoko Damono, menulis sebagai berikut:
Novel berlatar historis ini diilhami oleh kisah hidup tokoh faktual Tan Malaka (1896-1949). Penulis tampak berupaya melakukan riset untuk menghidupkan latar awal abad kedua puluh di Sumatra, Jawa, dan Belanda, serta atmosfer pergerakan nasional di tengah kungkungan kolonialisme. Sejumlah kejadian penting yang membangun watak, melandasi pilihan politik dan sikap hidup karakter utama berhasil dihidupkan dalam adegan-adegan yang menarik. Bangun cerita yang disusun lumayan memikat. Kisah cinta segi tiga yang disusupkan di antara jalinan utama cerita menghindarkan novel ini dari keterjerumusan menjadi sebuah risalah propaganda yang kering
Sayangnya, karena beberapa hal novel ini belum diterbitkan. Someday.. :D



TABLOID BARITO RAYA POST & TABLOID JABAR POST
Add caption
Tabloid bulanan. Isinya isu-isu daerah. Dulu sempat dipercaya jadi pemimpin redaksinya.




Kumpulan cerpen yang menjadi salah satu pemenang lomba 'Kumcerku” di LeutikaPrio. Ada 10 cerpen yang ditulis pada periode 2002-2008 –tidak terlalu produktif untuk ukuran cerpenis sebenarnya :D. Maklum ditulisnya waktu masih hobby melanglang buana di seantero Nusantara. Jadi gagasan-gagasan muncul sewaktu singgah di kota-kota tersebut, seperti  – Meulaboh, Padang, Kendari, Depok dan Palangkaraya. Di dalamnya ada cerpen “Ketika Dua Boneka Perang Bertemu”, berkisah tentang konflik GAM-TNI di saat tsunami Aceh 2009 silam,  yang jadi pamuncak di Sayembara Cerpen Lustrum V Fakultas Sastra Unand. Lalu ada “Cintaku di Ujung Langit” dengan latar belakang Gunung Gede Paranggo diberi penghargaan oleh Sukarelawan Montana Taman Nasional Gede Pangrango. Namun favorit saya tetap “Kembalinya Ajo Tandjung” yang jadi cerpen perdana saya yang ditulis serius, dan perdana kalinya saya memenangi sayembara cerpen –SKK GANTO UNP 2001.



ANTOLOGI CERPEN PEMUDA “Ketika Pemuda Membangun Masyarakatnya”.
Diterbitkan oleh Kemenpora dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-83 Tahun 2011. Dari 612 naskah yang masuk dipilihlah 20 cerpen yang kemudian dibukukan. Cerpen saya salah satunya. Cerpen ini berkisah tentang perjuangan pendidik di Kepulauan Mentawai





GELIAT MASYARAKAT UNTUK PENDIDIKAN KESETARAAN
Cetak tangan di dunia pendidikan kesetaraan. Bersama-sama memotret PKBM penyelenggara Paket A, Paket B dan Paket C. Pernah juga menulis tentang rekam jejak alumni pendidikan kesetaraan ini. Beberapa alumninya ada yang menjabat sebagai Bupati dan Sekdakab, dan kuliah di perguruan tinggi negeri ternama. Diterbitkan oleh Direktorat Kesetaraan Kemendiknas 









CARUT MARUT DAYA SAING ANAK NEGERI   
Carut Marut Daya Saing Anak Negeri ini merupakan kumpulan gagasan Mathiyas Thaib yang tersebar pada beragam media cetak, online dan catatan pribadinya antara 2009-2013. Kendati ditulis guna merespon kejadian tertentu, tetapi gagasannya masih faktual dengan persoalan-persoalan pembangunan ekonomi dalam bingkai bangsa dan negara kekinian. Diterbitkan oleh Alomet Publishing, dan saya dipercaya sebagai editor






ARSITEKTUR BISNIS ALOMET
Sedangkan Arsitektur Bisnis merupakan sebuah pengetahuan tentang manajemen strategis berbasis manajemen operasional yang ditemukan oleh Mathiyas Thaib setelah berkarya dan bekerja sebagai profesional sekitar 24 tahun di perusahaan nasional dan multinasional. Diterbitkan oleh Alomet Publishing, dan saya dipercaya sebagai editor.





BUNGA RAMPAI ARTIKEL “Pemuda dan Semangat Pembaharuan” 
Artikel saya berjudul “Pemuda Intelektual Berbasiskan Massa: “Solusi Kritis Menggerus Impotensi Gerakan Kepemimpinan Kaum Muda” dalam bunga rampai ini. Diterbitkan oleh DPD KNPI Sumbar yang waktu itu dinahkodai oleh bang Marzul Veri. Dewan Juri  kalau tidak salah ingat Prof. Dr. Hasanuddin WS, Yusrizal KW dan Muhamad Taufiq. 

0 komentar:

Posting Komentar